Semua Tentang Perawatan Jerawat

Orang Dewasa Tidak Mengalami Jerawat?

Anda keliru untuk percaya bahwa jerawat hanya menyerang remaja. Padahal, yang terjadi justru sebaliknya. Jerawat cukup umum di kemudian hari. Sekitar seperempat dari pria dewasa dan setengah dari semua wanita dewasa kemungkinan menderita jerawat pada suatu waktu di masa dewasa mereka. Akibatnya, permintaan untuk perawatan jerawat dewasa terus meningkat. Orang dewasa mungkin merasa malu dengan kondisinya, tetapi jangan takut. Dokter sering menangani jerawat dewasa dan mereka ditempatkan dengan baik untuk memberikan saran yang baik dan menyarankan perawatan yang paling efektif.

Jerawat dewasa, seperti halnya kasus remaja, umumnya timbul sebagai akibat dari perubahan hormon dan kemungkinan juga stres. Orang dewasa yang menggunakan produk kosmetik juga cenderung berisiko wabah jerawat. Salah satu alasan peningkatan yang terlihat pada jerawat dewasa mungkin karena bakteri spesifik yang terlibat (P. acnes) menjadi resisten terhadap antibiotik umum.

Wanita Dan Jerawat

Tubuh wanita mengalami perubahan hormonal sepanjang kehidupan dewasa mereka. Seharusnya tidak mengherankan bahwa wanita dewasa menderita sekitar dua kali lebih banyak dari jerawat dibandingkan pria dewasa. Perawatan jerawat dewasa mungkin dicari oleh wanita selama wabah yang cenderung terjadi selama menstruasi, kehamilan dan, di kemudian hari, pada masa menopause.

Pengobatan Jerawat Dewasa

Perawatan jerawat dewasa hampir sama dengan perawatan yang tepat di awal kehidupan. Penyebab dan gejalanya sangat mirip dan akibatnya pengobatan yang paling efektif untuk jerawat dewasa juga sama. Dalam perawatan jerawat dewasa ada beberapa faktor risiko tambahan untuk dipertimbangkan. Pembatasan penting diberlakukan oleh kehamilan dan menyusui, dan perawatan tertentu harus dihindari.

Produk pertama yang dicoba adalah obat yang berbasis benzoil peroksida. Ini sangat baik untuk mengendalikan keparahan wabah dan juga membantu meminimalkan kemungkinan jaringan parut nantinya. Berbagai konsentrasi tersedia, saran yang biasanya diberikan adalah untuk mencoba produk dengan konsentrasi terendah terlebih dahulu karena memiliki efek samping paling ringan seperti iritasi kulit dan kekeringan.

Perawatan retinoid seperti Retinol, Tretinoin dan Adapalene memiliki manfaat tambahan dari tindakan antibiotik. Dalam kasus yang parah, praktisi kesehatan dapat merekomendasikan antibiotik sistemik. Namun, seringkali dokter enggan meresepkan antibiotik. Ini karena sekarang ada bukti yang baik bahwa bakteri spesifik yang terlibat menjadi kebal terhadap pengobatan antibiotik dan resep berlebihan hanya memperburuk masalah.

Jerawat dewasa ringan hingga sedang dapat diobati secara efektif menggunakan sediaan yang didasarkan pada asam azelaic. Produk asam azelaic termasuk Acnederm, Azelex dan Finacea. Konsentrasi biasanya 20%. Produk-produk ini kurang mengiritasi daripada retinoid tetapi mereka dapat mempengaruhi pigmentasi kulit dengan mencerahkannya.

Wanita yang menderita jerawat terkadang menemukan bahwa terapi hormon sangat efektif. Hormon yang hadir dalam beberapa produk kontrasepsi menangkal androgen (hormon seks pria) yang bertanggung jawab untuk jerawat. Dengan demikian, produk-produk KB dapat diresepkan sebagai pilihan, kecuali tentu saja untuk wanita hamil dan ibu menyusui.

Waspadai Penipuan

Mungkin ada baiknya mencari ke beberapa dari banyak pengobatan rumahan dan obat-obatan alternatif. Pastikan untuk menghindari persiapan jamu komersial yang mahal. Ingatlah bahwa apa yang disebut obat-obatan seperti homeopati dan akupunktur sama sekali tidak efektif sebagai pengobatan untuk jerawat dewasa, meskipun sudah mapan dalam budaya populer.

No comments

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*